PENDAMPINGAN INOVASI KEMASAN DAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK UMKM KERIPIK BAWANG KARYA MULYA - KARAWANG
Abstract
Pengabdian masyarakat pada UMKM Keripik Bawang Bu Santi Desa Karya Mulya
bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam melakukan inovasi pada produk
dan pemasaran secara digital. Metode yang dilakukan adalah melakukan praktek
serta berinteraksi langsung dengan UMKM sasaran dilapangan. Permasalahan
yang dihadapi UMKM keripik bawang Bu Santi pengelolaannya masih sangat
tradisional. Setelah dilakukan pendampingan mindset pemilik usaha semakin
terbuka dan mau bersama-sama melakukan inovasi. Inovasi yang pertama pada
produk dengan menambah 2 varian rasa yang baru sehingga produknya menjadi 3
macam yaitu keripik bawang original, keripik bawang rasa jagung manis dan
keripik bawang rasa balado. Inovasi yang kedua dengan mendesain kemasan serta
memberi merek produk dan yang ketiga melakukan inovasi pemasaran secara
digital. Perlu adanya pembinaan yang bereklanjutan serta pelatihan pemasaran
digital untuk membuka pemikiran serta pemahahaman bisnis secara digital kepada
pelaku UMKM.