PERBAIKAN PACKAGING TELUR ASIN SEBAGAI PENINGKATAN OMSET PENJUALAN (STUDI KASUS PADA UMKM DESA BALONGGANDU)

  • Annisa Indah Pratiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: kunci—UMKM, Telur Asin, Kemasan, Labeling.

Abstract

Desa Balonggandu merupakan desa induk yang berada di Kecamatan Jatisari, Kabupaten
Karawang, dari beberapa pecahan desa. Sebagian besar UMKM (Usaha Mikro Kecil
Menengah) di desa Balonggandu, kecamatan Jatisari, Jawa Barat memproduksi telur asin
sebagai produk yang mereka pasarkan salah satunya UMKM telur asin milik Ibu Ida. Dalam
melakukan pemasarannya para pelaku usaha telur asin ini masih banyak yang manggunakan
metode tradisional. seperti Telur Asin salah satunya UMKM Telur Asin milik bu Ida.
Ketidaktahuan para pelaku usaha tentang strategi pemasaran yang baik membuat usaha mereka
kurang begitu dikenal dan kalah dengan kompetitor sejenis. Desain kemasan merupakan
strategi pemasaran yang dapat digunakan sebagai alat identifikasi dalam pemasaran untuk
mengkomunikasikan diferensiasi produk secara visual. Selain itu kemasan adalah salah satu
kunci dalam menjaga kualitas produk, dimana produk nantinya akan terlihat lebih menarik dan
tentu juga menjaga produk tetap higienis. Namun sayangnya kemasan telur asin milik ibu ida
masih menggunakan plastik biasa. Perbaikan kemasan yang dilakukan adalah membuat
kemasan dari mika dan diberikan labeling. Perbaikan kemasan dan labeling tersebut diharapkan
dapat menarik minat konsumen sehingga meningkatkan daya beli.

Published
2023-03-29