PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP KEPUASAN BERWIRAUSAHA PADA PELAKU UMKM JALITRI DI DESA JOMIN BARAT
Abstract
Tingginya angka pengangguran di Indonesia masih menjadi salah satu permasalahan yang
krusial, sehingga perlu dilakukan beberapa usaha untuk menanggulangi permasalahan tersebut
serta memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan
berwirausaha, seperti melakukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dalam
menentukan keberhasilan suatu wirausaha, kepuasan pelaku UMKM menjadi salah satu tolak
ukur yang penting, karena merupakan kesenjangan positif antara harapan pelaku UMKM
dengan kondisi saat ini yang berkaitan dengan keputusan untuk melanjutkan wirausaha tersebut
atau tidak. Dalam proses mendapatkan kepuasan berwirausaha ini pula terdapat psychological
capital yang terdiri dari beberapa aspek, seperti self-efficacy, hope, resilience, serta optimism
yang menjadi salah satu modal untuk bertahan dalam mencapai tujuan individu untuk
mengembangkan wirausaha.