PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PENJUALAN MENGGUNAKAN DIGITALISASI UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PELAKU UMKM DESA KERTARAHARJA KECAMATAN PEDES KARAWANG

  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Pendampingan, Penjualan, digitalisasi

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan
penjualan melalui perluasana jalur pemasaran secara digitalisasi. UMKM yang menjadi focus
pendampinga yaitu UMKM Peci Anyaman Bambu, dan UMKM Keripik Pisang Ibu Ida. metode
pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah ceramah dan diskusi secara Hybrid.
Materi mencakup penjualan melalui digitalisasi. Peserta diberikan pemahaman terkait
pentingnya merubah cara penjualan dari konvensional ke penjualan secara digital, di mana
manfaatnya bukan hany untuk memperluar jalur pemasaran tapi juga bisa meningkatkan volume
penjualan dan produk yang dibuat bisa bukan hanya ketika ada konsumen yang melakukan
pemesanan tetapi bisa memproduksi produk secara continue. Hasil dari pengabdian ini dua palu
UMKM tersbut memiliki poster yang berisikan informasi mengenai produk, harga dan kontak
untuk pemesanan, pembuatan promosi dalam bentuk video, kemudian kemasan dan lebel yang
lebih baik, dan pembuatan Instagram yang di gunakan untuk media promosi, nantinya poster
dan video promosi itu bisa di upload pada laman Instagram tersebut. Harapan dari pengabdian
ini adalah penjualan secra digitalisasi ini bisa mampu memperluas jalur penjualan dan
meninkatkan volume penjualan kepada pelaku UMKM.

Published
2023-03-29