MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM DI DESA DAYEUHLUHUR

  • Thomas Nadeak Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Regi Maharani Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: UMKM, Media Sosial

Abstract

Perkembangan di era globalisasi sangat bergantung pada sektor ekonomi sebagai ukuran
keberhasilan yang dilakukan oleh pemerintah. Peran masyarakat dalam pembangunan nasional,
khususnya dalam membangun ekonomi adalah Usaha Mikro. Kecil dan Menengah (UMKM)/
POSISI UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran penting dan strategis. Kondisi
ini sangat dimungkinkan karena keberadaan UMKM cukup dominan dalam perekonomian
Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah agar pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya,
metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, wawancara, studi pustaka dan
dokumentasi. Hasil kegiatan dalam penelitian pada UMKM Oleh-oleh Ibu Evi yaitu telah
dibuatnya berbagai macam pemasaran digital e-comerce dengan membuat platform online
seperti Instagram dan Facebook. Diharapkan UMKM dapat mempergunakannya semaksimal
mungkin sehingga dapat memperluas jangkauan penjualan, meningkatkan konsumen, adanyan
kenaikan penjualan dan produknya dikenal oleh masyarakat luas dan membuat konten tentang
penjualan produk UMKM Oleh-oleh Ibu Evi yang lebih kreatif di media sosial.

Published
2023-03-29