PENDAMPINGAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGATASI MASALAH KESULITAN BELAJAR PASCA PANDEMI COVID-19
Abstract
Hadirnya pandemi covid-19 memberikan dampak yang negatif pada perilaku
siswa dan juga menurunnya semangat belajar sehingga siswa sekolah dasar banyak
mengalami kesulitan dalam belajar normal saat kembali kelingkungan sekolah.
Sehingga dengan adanya kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan kegiatan
pendampingan siswa sekolah dasar dalam mengatasi masalah kesulitan belajar pasca
pandemi covid-19 diharapkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penyelenggaraan pendampingan siswa
sekolah dasar dalam mengatasi masalah kesulitan belajar pasca pandemi covid-19
agar siswa dapat memaknai kegiatan pembelajaran yang maksimal dan menyeluruh,
dapat membantu orangtua dalam pendampingan siswa belajar dirumah, serta dapat
menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam ruang lingkup sekolah. Metode
pelaksanaan kegiatan pengabdian dilaksanakan secara tatap muka dalam kelas sesuai
dengan protokol kesehatan. Hasil kegiatan pengabdian siswa menunjukan adanya
motivasi belajar siswa yang tumbuh dan semangat masuk sekolah untuk belajar
seperti biasanya sebelum adanya pandemi covid-19.