PELATIHAN PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN UMKM RANGINANG MA ON MELALUI MARKETPLACE

  • Ihsan Nasihin Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Marketplace

Abstract

Salah satu faktor pendorong untuk meningkatkan volume penjualan untuk pemilik UMKM
Ranginang Ma On adalah dengan cara menerapkan promosi dan pemasaran melalui marketplace online.
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penerapan strategi pemasaran melalui
marketplace online untuk UMKM Ranginang Ma On. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini
adalah dengan cara melakukan pendampingan. Pendampingan dilakukan untuk memberikan pelatihan
kepada masyarakat dan para pelaku UMKM yang ada di Desa Cikalong Wetan Kecamatan Cilamaya
khususnya UMKM Ranginan Ma On, Selain pendampingan metode yang digunakan adalah survey dan
wawancara. survey dan wawancara dilakukan untuk mengetahui keadaan dan kondisi para pelaku
UMKM di Desa Cikalong Wetan Khususnya UMKM Ranginang Ma On. Hasil dari pengabdian ini
adalah UMKM Ranginang Ma On masih terkendala dalam melakukan pemasaran, karena ruang lingkup
dan pangsa pasarnya masih di lingkunga Desa Cilamaya. Untuk itu dalam pengabdian ini dilakukan
pendampingan dengan cara memberikan edukasi terhadap UMKM Ranginang Ma On dalam
menggunakan teknologi untuk memperluas jaringan pemasaran, dengan cara memanfaatkan beberapa
marketplace untuk strategi promosi dan pemasaran. Kesimpulan dalam pengabdian ini adalah Strategi
pemasaran melalui marketplace menjadi salah satu konsep yang efektif dan efisien bagi pemilik
UMKM Ranginang Ma On dan para pelaku UMKM lain yang ada di Desa Cikalong Kecamatan
Cilamaya.

Published
2023-03-28