PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DAN E- COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM DI DESA MEKARPOHACI
Abstract
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Buana Perjuangan
Karawang membahas tentang cara mempromosikan UMKM melalui media sosial dan E-commerce di Desa
Mekarpohaci Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. Tujuannya adalah untuk mempresentasikan
produk UMKM tidak hanya ke desa tetapi juga kepada masyarakat luas guna mendapatkan potensi pasar
yang lebih besar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi, deskriptif, dan pengumpulan
data dilakukan secara langsung melalui wawancara. Sehingga manfaat kegiatan kuliah kerja nyata di desa
Mekarpohaci ini adalah dapat mebrikan tambahan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dengan
UMKM terkait pemanfaatan media sosial dan E-commerce sebagai media pemasaran. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan E-commerce berpeluang meningkatkan penjualan
produk UMKM di Desa Mekarpohaci Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang. Saat ini media sosial dan
E-Commerce berkembang pesat. Sehingga melalui sistem pemasaran digital yang di sediakan oleh platform
perdagangan online pembeli dan pemilik UMKM dapat berinteraksi dan bertransaksi secara langsung.