PENGGUNAAN METODE SWOT UNTUK ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERUPUK CAI PINDANG
Abstract
UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah yang bergerak dibidang olahan pangan salah
satunya produk kerupuk cai pindang yang berlokasi di desa cicinde selatan dimana dalam
proses pembuatan dan pemasaran nya masih belum meluas dan memanfaatkan teknologi
yang ada pada zaman sekarang. tujuannya yaitu untuk meningkatkan dan menguatkan
daya saing di pasar global dengan pemanfaatan teknologi pemasaran (market place) toko
online dan menginovasikan produk olahan tersebut, maka diperlukan strategi pemasaran
yang tepat menggunakan metode SWOT yang dimana metode tersebut berguna untuk
mengetahui serta mengevaluasi suatu produk dari segi kekuatan (strength), kelemahan
(weakness), Peluang (Opportunity), dan Ancaman (threats) yang sering terjadi atau
dijumpai di lingkungan tempat produk umkm tersebut di proses, Sehingga outputnya
dapat meningkatkan produk tersebut dari segi kekuatan, memperbaiki kelemahan,
memanfaatkan peluang, dan memperkecil ancaman yang ada sehingga produk UMKM
yang dibina dapat aman, jaringan dan relasi bisnis meluas. Hasil analisis dengan
menggunakan SWOT berupa strategi ST pada produk kerupuk cai pindang dimana
perlunya pemanfaatan potensi lebih dalam untuk menghadapi suatu ancaman yang ada
salah satunya dengan peningkatan/Upgrade dari label kemasan agar lebih menarik dan
sistem pemasaran digital seperti pemasaran via facebook, tiktok, Instagram atau toko toko
online tujuannya agar kerupuk cai pindang dapat bertahan dengan kekuatan yang dimiliki
sehingga ancaman yangada pada produk bisa di atasi.