INOVASI DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI DESA SINDANGMUKTI
Abstract
Pada era digital, media sosial saat ini telah menjadi trend dalam komunikasi
pemasaran. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya
bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial, dan wiki
merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di
seluruh dunia. Media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar, masyarakat
lebih cepat menerima informasi lewat internet. Dengan akses yang mudah dan
cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani
mempromosikan produk-produknya karena jaringan internet sangat luas dan tidak
ada batasan waktu dan wilayah hingga menjadikan media pemasaran yang efektif.
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang harus dilakukan
UMKM Aneka macam keripik dan Rempeyek guna mempertahankan bisnisnya di
masa yang serba digital. Metode yang dilakukan adalah dengan menggunaakan
metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan, dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil observasi di lapangan, para pelaku UMKM di Desa
Sindangmukti dalam memasarkan produknya masih secara konvensional dan
belum sepenuhnya memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini.