PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN SUMBER JAYA 1

  • Rahmat Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nurul Husna Meilani Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Pendidikan, Metode Diskusi, Keaktifan Belajar.

Abstract

Penelitian ini dilakukan saat melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di
Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang. Penulis
berinisiatif untuk berkunjung ke salah satu sekolah dasar di desa tersebut, yaitu
SD Negeri Sumber Jaya 1 yang bertujuan untuk melihat keaktifan siswa saat
pembelajaran. Setelah mengamati siswa kelas IV belajar bersama gurunya
ternyata siswa kurang aktif dan monoton. Oleh karena itu, penulis membuat judul
penelitian penerapan metode diskusi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa
kelas IV SD Negeri Sumberjaya. Metode penelitian yang digunakan, yaitu dengan
menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan kepada siswa kelas IV
berjumlah 35 siswa. Penerapan metode diskusi terbukti dapat meningkatkan
keaktifan belajar siswa, siswa menjadi lebih menghargai teman, keberanian
mengemukakan pendapat, serta siswa terlatih beragumentasi. Kesimpulannya,
melalui proses diskusi seperti membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil
dapat memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk aktif selama
pembelajaran sehingga siswa dapat terlibat langsung menyelesaikan masalah atau
tugas-tugas yang diberikan guru dan berujung pada optimalnya hasil belajar.

Published
2023-03-28