ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemandirian belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas V di SDN
Sumurgede III. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan persentase. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi, angket dan
dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 24
orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemandirian belajar siswa pada
indikator inisiatif 55,2% , indikator percaya diri 56,3%, indikator tidak bergantung kepada
orang lain 57,3%, indikator disiplin 70,3%, dan indikator tanggung jawab sebesar 64,6%.
Dengan kategori cukup mandiri terdapat pada indikator inisiatif (55,2%), indikator percaya diri
(56,3%) dan pada indikator tidak bergantung kepada orang lain (57,3%). Sedangkan kategori
mandiri pada indikator disiplin (70,3%) dan indikator tanggung jawab (64,6%).