IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL PADA ANAK DI DESA KARANGJAYA

  • Mitra Sasmita Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Implementasi, Pendidikan Agama Islam, digital

Abstract

Artikel ini menjelaskan implementasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam di era digital pada anak usia
sekolah dasar di desa karangjaya. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif.
Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok belajar di Desa Karangjaya usia sekolah dasar.
Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peran orangtua dalam
membimbing implementasi nila-nilai agama dari sejak dini kepada anak utamanya di era digital
sangatlah penting sebagaimana yang dilakukan oleh masyarakat Desa Karangjaya dengan cara
mengarahkan, membimbing anak-anaknya untuk senantiasa sibuk dan memanfaatkan waktu luangnya
dengan mengikuti kegiatan kegamaan seperti sekolah agama, pengajian magrib dn juga mengikuti
kegiatan kelompok belajar dimana di dalam kegiatan tersebut anak-anak di bimbing diarahkan
melakukan kegiatan pembiasaan dalam upaya pembentukan karakter, etika dalam bergaul baik sesama
teman, guru maupun para orangtuanya dan diberikan pemahaman tentang pengamalan ibadah seperti
belajar Shalat dhuha, Shalat berjamaan, mengaji dan kegiatan keagamaan lainya. Melalui implementasi
nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak diharapkan ke depannya mampu menafaatkan teknologi
sebagai sumber dan media pembelajaran dan bisa mengurangi dampak buruk era digital dan anak
memiliki kepribadian yang baik, bertanggung jawab, serta senantiasa menjadi anak yang taat beribadah,
sehingga apa saja yang dilakukan oleh anak akan memiliki nilai-nilai positif dan bermanfaat bagi
dirinya maupun orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Published
2023-03-28