ANALISIS KESIAPAN PADA PELAKU USAHA DI DESA KALIDUNGJAYA MENUJU TRANSFORMASI DIGITALISASI UMKM

  • Hilda Yulia Novita Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anis Fitri Nur Masruriyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: digitalisasi kesiapan, pelaku usaha, UMKM

Abstract

Digitalisasi saat ini merupakan bagian penting dari kehidupan kita dan pada dasarnya
berdampak pada cara pelaku usaha dan konsumen berkomunikasi satu sama lain. UMKM
adalah usaha ekonomi rakyat bersakala kecil dengan mayoritas kegiatan berupa usaha kecil
yang perlu dilindungi guna mencegah persaingan usaha tidak sehat. Sehingga menjadi
tantangan besar bagi pemerintah dalam memberikan dukungan untuk UMKM agar mampu
menjadi pilar kuat pada sektor perekonomian di Indonesia. Agar dapat berkembang dan
bersaing di era digital, pelaku UMKM di Indonesia saat ini membutuhkan media digital yang
tepat dan banyak digunakan oleh konsumen. Meskipun banyak UMKM yang telah
menggunakan media digital untuk kegiatan usahanya, namun masih banyak pula UKM yang
belum menggunakan dan belum memahami manfaat dari penggunaan media digital untuk
menunjang kegiatan usahanya seperti pelaku UMKM di Desa Kalidungjaya. Berdasarkan
uraian masalah tersebut maka diperlukan kegiatan analisis terkait kesiapan pelaku usaha di
Desa Kalidungjaya dalam hal yang berkaitan dengan tranformasi digitalisasi UMKM. Di mana,
kegiatan analisis ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan pelaku usaha menuju pasar digital.

Published
2023-03-28