PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM OPAK DAN RENGGINANG DI DESA PAMEKARAN KECAMATAN BANYUSARI MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT
Abstract
Desa Pamekaran merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Banyusari, Kabupaten
Karawang, Provinsi Jawa Barat. Desa Pamekaran memiliki masyarakat yang mayoritas bekerja di sektor
pertanian. Selain bertani, penduduk Desa Pamekaran juga bekerja di sektor UMKM dengan memiliki
usaha rumahan kecil – kecilan di bidang makanan tradisional yaitu Opak, Tempe, dan Rengginang.
Selain itu juga terdapat usaha peternakan telur bebek dan usaha di bidang otomotif yaitu spare part
motor yang pendistribusiannya sudah sampai keluar kota Karawang. Dari sekian banyaknya UMKM di
Desa Pamekaran, penelitian ini akan difokuskan pada UMKM Opak dan Rengginang. UMKM
pembuatan opak dan rengginang desa Pamekaran masih memiliki kendala dalam mengembangkan dan
memasarkan produk yang mereka hasilkan diantaranya, masih belum memiliki agen atau penjualan
diluar desa Pamekaran dan munculnya pesaing produk sejenis dari luar desa.Usulan solusi untuk
mengatasi permasalahan UMKM pembuatan opak dan rengginang di desa Pamekaran adalah dengan
mempromosikan produk yang dihasilkan melalui marketplace dan media sosial agar dapat menjangkau
pembeli dan calon pembeli dari luar desa Pamekaran atau bahkan dari luar wilayah Karawang.selain
itu, untuk memperluas jangkauan dapat mengikuti event-event yang diadakan diluar desa Pamekaran
yang berkaitan dengan produk yang dihasilkan.