IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MARKETPLACE DALAM DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA SUKAMEKAR
Abstract
Hadirnya teknologi dalam kehidupan manusia mampu menunjang seluruh aspek kegiatan
manusia. Dampak positif yang ditimbulkan tersebut dapat mempercepat proses pertukaran
informasi. Pada era digitalisasi, pemasaran produk UMKM dapat berjalan dengan optimal
dengan memanfaatkan teknologi. Media sosial merupakan suatu sarana digital marketing yang
paling mudah untuk dimanfaatkan. Pelaku UMKM di Desa Sukamekar terhadang kendala
masih minimnya pengetahuan terhadap digital marketing dan electronic commerce (e-
commerce). Potensi pemanfaatan digital marketing ini mengharuskan masyarakat untuk melek
teknologi, oleh karena itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelatihan yang diadakan sebagai bentuk sosialisasi penggunaan e-
commerce pada pelaku UMKM Desa Sukamekar berjalan positif. Peserta dapat
mengimplementasikannya dengan baik, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan dan
memperluas target pasarnya. Dengan demikian, penjualan produk UMKM dapat meningkat dan
dapat memengaruhi omset yang didapatkan.