ANALISIS SWOT PACKAGING DALAM STRATEGI PEMASARAN JELLY RUMPUT LAUT (STUDI KASUS PADA UMKM DESA MEDANGASEM)
Abstract
Desain kemasan merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan sebagai alat
identifikasi dalam pemasaran untuk mengkomunikasikan diferensiasi produk secara
visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT pada packaging
yang sudah dibuat serta dapat meningkatkan profit daripada UMKM itu sendiri.
Pada penelitian ini peneliti menerapkan jenis packaging yang lebih modern dan
lebih menarik dengan harga yang ekonomis. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan filsafat
postpositivisme, di mana peneliti akan meneliti suatu kondisi objek yang alamiah
dan peneliti menjadi instrumen kuncinya. Analisis SWOT menjadi teknik analisis
data yang peneliti gunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan
ancaman apa saja yang dihadapi oleh UMKM Jelly rumput laut. Hasil daripada
penelitian ini adalah analisis SWOT kemasan saling berkaitan dengan 4 elemen
penting pada strategi pemasaran atau 4P dalam pemasarannya dengan cara
perbaikan desain kemasan di UMKM Jelly rumput laut. Analisis SWOT digunakan
pada penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor pada desain kemasan yang sudah
dibuat seperti kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi. Dengan
analisis IFAS dan EFAS peneliti dapat menentukan strategi pasar terbaik untuk
mengembangkan desain kemasan tersebut.