PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BATANG NAPIER UNTUK PERKALIAN BILANGAN CACAH

  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Weni Tri Sasmi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Sulistya Kusumaningrum Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Arum Puspita lestari Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Batang Napier, Pembelajaran Matematika

Abstract

Mengajar menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi
merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam mengajar mata pelajaran
matematika terutama di tingakt sekolah dasar. Perkalian merupakan materi yang
susah bagi sebagian peserta didik, dengan cara menghapal perkalian dari 1 sampai
dengan 10 merupakan salah satu cara guru untuk mempermudah peserta didik untuk
mengingat perkalian. Media batang napier merupakan salah satu media pembelajaran
yang digunakan untuk materi perkalian. Batang napier dapat dipergunakan peserta
didik dalam menyelesaikan perhitungan perkalian. Kegiatan penelitian ini
dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dengan durasi pertemuan 2 jam. Dilaksanakan
1 minggu sekali dihari sabtu, dengan tujuan tidak mengganggu jam pelaran lain,
penelitian dilaksanakan dilaksanakan di SDN Cipurwasai 1 Kecamatan Tegalwaru
Kabupaten Karawang. Metode yang dilaksanakan dengan ceramah, diskusi dan
praktek. Berdasarkan hasil penelitian dan kemudian dilakukan pengolahan data
tentang pengaruh penggunaan media batang napier terhadap kemampuan
menghitung perkalian bilangan cacah pada siswa kelas IV SDN Cipurwasari 1
Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang bahwa kemampuan menghitung pada
peserta didik setelah menggunakan media batang napier meningkat, dimana
diperoleh rata-rata pretes 33.80 sedangkan nilai rata-rata pretes 82.61

Published
2023-03-28