IMPLEMENTASI DIGITALISASI PENDIDIKAN TERHADAP PEMBELAJARAN DI SDN CIPTAMARGI I
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong perkembangan teknologi ke arah dunia digital,
yang dikenal dengan Digitalisasi Pendidikan. Penerapan digitalisasi pendidikan didukung oleh beberapa
faktor yaitu regulasi, pendidik, siswa, dan infrastruktur. Salah satu ciri digitalisasi pendidikan adalah
inovasi pembelajaran dengan pemanfaatan media elektronik baik offline maupun online. Namun
digitalisasi pendidikan belum dapat diterapkan pada semua sekolah, terutama pada sekolah di desa-desa
kecil. Hal ini dikarenakan infrastruktur yang belum memadai. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk
mengetahui bagaimana implementasi digitalisasi pendidikan terhadap pembelajaran. Penelitian ini
dilakukan di SDN Ciptamargi I dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III dan VI. Metode
yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian diperoleh bahwa SDN Ciptamargi I sudah menggunakan
pembelajaran hybrid yakni luring dan daring. Proses pembelajaran biasanya dilakukan secara luring
dengan metode ceramah dan diskusi. Kadang-kadang guru menggunakan media video untuk
pembelajaran. Sedangkan pembelajaran daring dilakukan saat pandemi covid-19 yang lalu dengan
media grup whatsapp untuk pemberian tugas dan google form untuk ujian.