PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA SDN DESA KARANGSINOM
Abstract
Peranan pendidik dalam mencegah bullying teramat dominan mengingat peserta
didik cenderung akan meniru dan bersikap lebih terbuka kepada pendidiknya.
Bullying merupakan jenis kekerasan yang terjadi yang berdampak pada psikologis
dan fisik seseorang. Pelaku bullying dapat terjadi secara berkelompok atau individu
yang memliki kekuasaan untuk melemahkan korban dengan segala jenis
perbuatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh
Pendidikan karakter mencegah perilaku bullying pada siswa. Pendidikan karakter
bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil Pendidikan di
sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia
siswa secara utuh, terpadu, dan seimbang. Adapun yang menjadi sampel penellitian
ini adalah siswa SD yang ada di Desa Karangsinom. Memberikan edukasi kepada
siswa dan guru terkait Pendidikan karakter pada perilaku bullying. hasil dari
penelitian ini adalah guru memberikan edukasi yang baik tentang pendidikan
karakter kepada siswa atau memfasilitasi siswanya untuk selalu terbuka ketika ada
permasalahan. Apabila ada kasus bullying tidak dapat teratasi oleh wali kelas, maka
kasus tersebut diteruskan ke pendidik bidang bimbingan konseling untuk
mendapatkan perhatian dan penanganan yang lebih mendalam. Pendidik bimbingan
konseling perlu adanya kerja sama dengan bidang kesiswaan dan wali kelas untuk
bersinergi dalam mencari jalan keluar atau kasus bullying yang dihadaoi siswa.