IDENTIFIKASI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP) DALAM UPAYA MELEJITKAN UMKM DESA SAMPALAN KABUPATEN KARAWANG

  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: STP, Pemasaran, UMKM

Abstract

Identifikasisegmenting, targeting, dan positioning dibutuhkan agar UMKM tetap bertahan
dan dapat bersaing dengan bidang usaha lainnya. Dalam suatu bisnis, segmenting, targeting, dan
positioning sangatlah penting, untuk meraih pangsa pasar di tengah pasar yang sangat kompetitif.
Tujuan penelitian ini untuk melejitkan UMKM Desa Sampalan dengan mengidentifikasi
segmenting, targeting, dan positioning UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif, dilaksanakan di UMKM yang ada di Desa Sampalan selama bulan Juli 2022.
Berdasarkan hasil analisis, UMKM di Desa Sampalan belum melakukan pemetaan segmenting,
targeting, dan positioning pada saat awal pembuatan produk. Hal ini dibuktikan dari belum
jelasnya segmen pasar, konsumen yang dituju, hingga image produk yang seperti apa yang akan
ditanamkan kepada konsumen.

Published
2023-03-28