STRATEGI PEMULIHAN EKONOMI DESA PISANG SAMBO MELALUI INOVASI DAN DIGITALISASI SEBAGAI KEKUATAN UMKM
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai penyumbang produk domestik bruto
(PDB) nasional memiliki peran penting bagi pemulihan ekonomi Indonesia. Berdasarkan
data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Maret
2021, jumlah UMKM di Tanah Air telah mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap
Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau senilai Rp 8.573,89 triliun.
Kondisi wabah covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun menyebabkan
mobilitas masyarakat terbatas telah mendorong munculnya kreativitas dan inovasi. Salah
satunya, kian maraknya bisnis berbasis digital. Permasalahan yang ditemukan di Desa
Pisangsambo adalah masih rendahnya pengembangan inovasi pada UMKM serta
pengetahuan akan literasi dan kemampuan digital pun masih sangat rendah . Tujuan
penelitian dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan
pengembangan inovasi dan media digital sebagai kekuatan UMKM untuk pemulihan
ekonomi di Desa Pisangsambo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa
kegiatan ini telah membantu para pelaku UMKM menerapkan digitalisasi pemasaran serta
pengembangan inovasi pada UMKM binaan, serta memberikan pemahaman kepada
pemilik UMKM lainnya mengenai inovasi dan digitalisasi yang akan menjadi kekuatan
UMKM dalam rangka pemulihan ekonomi di Desa Pisangsambo.