PENGUATAN LITERASI MEMBACA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19
Abstract
Hadirnya covid-19 menyebabkan adanya krisis dalam dunia pendidikan sehingga
mengalami learning loss hal ini menyebabkan suatu kondisi yang sangat sulit bagi
siswa dan pendidik dalam proses kegiatan dan pembelajaran karena terbentuk
kebiasaan baru. Metode penulisan dalam artikel ini menggunakan studi pustaka.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai
penguatan literasi membaca dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pasca
pandemi covid-19. Adanya culture shock menghadirkan kebiasaan baru yang
berbeda dari biasanya sehingga mengakibatkan berbagai permasalahan yang timbul
dalam aktivitas pembelajaran pasca pandemi covid-19 diantaranya menurunnya
motivasi belajar yang mempengaruhi segala hal dalam diri siswa. Menumbuhkan
motivasi belajar siswa pasca pandemi covid-19 memerlukan perhatian khusus salah
satunya dengan penguatan literasi membaca yang akan memberikan stimulus
motivasi belajar terhadap siswa dalam kehidupan dunia pendidikannya.