PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN WEBSITE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM KERIPIK PISANG

  • Kiki Ahmad Baihaqi Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: UMKM, Digital marketing, website, media social.

Abstract

Salah satu penggerak perekonomian disuatu daerah yaitu keberadaan UMKM sebagai
akar rumput dari perekonomian. Melihat pentingnya peranan tersebut, perlu dilakukan
pelatihan guna menunjang keberlangsungan dari UMKM dan membantu mereka mengatasi
berbagai permasalahan yang ada. Masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak UMKM terancam
gulung tikar dikarenakan pembatasan ruang gerak dan pendapatan yang menurun. Akibatnya
pendapatan UMKM dimasa pandemi yang semakin menurun, tidak sebanding dengan
operasional yang dikeluarkan. Selain itu, pola pemasaran UMKM juga masih bersifat
konvensional dan megandalkan mulut ke mulut bahkan masih mengandlkan menunggu
konsumen ke rumah produksi. Maka dari itu diajarkan untuk memasarkan melalui media
pemasaran yang lebih massif. Yaitu, melalui website dan media social lainnya. Hal ini
berkaitan dengan digitalisasi UMKM demi keberlangsungan hidup dari usahanya. Tertutama
adalah UMKM yang terdapat Di Desa Kutaampel yaitu pengrajin keripik pisang.

Published
2023-03-28