ANALISIS PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL
Abstract
Perkembangan teknologi di era digital saat ini mendorong UMKM Ranginang Ma On
untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai sarana melakukan pemasaran dan promosi.
Kurangnya pemahaman pemilik UMKM Ranginang Ma On dalam memanfaatkan teknologi
sebagai sarana pemasaran berdampak pada volume penjualan yang dihasilkan. Dalam
penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dan
studi literatur. Sehingga data yang digunakan adalah data sekunder dan data primer. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode
pendampingan, observasi, dan Forum Group Discussion (FGD). Hasil penelitian dalam
penelitian ini adalah pemilik UMKM Ranginang Ma On dapat melakukan strategi pemasaran
dan promosi melalui digital marketing yaitu melalui media sosial. Strategi promosi dan
pemasaran melalui media sosial dapat membantu UMKM Ranginang Ma On untuk
meningkatkan volume penjualan dan pangsa pasar, sehingga berdampak pada keuntungan yang
dihasilkan.