PERANCANGAN GOOGLE BISNISKU DALAM PROMOSI PEMASARAN PRODUK UMKM DODOL DI DESA KEMIRI
Abstract
UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional. Salah satu
permasalahan yang membuat daya saing UMKM masih rendah adalah terbatasnya
kemampuan para pelaku usaha dalam melakukan pemasaran. Hal ini juga terjadi
pada pemilik UMKM produksi dodol di Desa Kemiri, Kabupaten Karawang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perancangan Google Bisnisku dalam
promosi pemasaran produk UMKM dodol di desa Kemiri. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini
adalah platform Google Bisnisku dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media untuk
pemasaran dan penjualan produk UMKM secara digital. Penelitian ini juga
memberikan pelatihan kepada pemilik usaha agar memiliki kemampuan
mengoperasikan platform Google Bisnisku. Setelah pemilik UMKM mengetahui
penggunaan dan pemanfataan platform Google Bisnisku, maka diharapkan dapat
meningkatkan penjualan produk UMKM dodol di Desa Kemiri. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah perancangan Google Bisnisku dapat menjadi media alternatif
dalam mempromosikan dan memasarkan produk dodol di desa Kemiri secara
digital.