STUDI TENTANG DIGITALISASI PADA PELAKU UMKM di DESA SABAJAYA

  • Arif Rahman Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Digitalisasi, Pelaku UMKM.

Abstract

Penerapan digitalisasi dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam produksi
produk, jasa serta pemasaran, disisi lain ketidaksiapan akan digitalisasi akan membuat
pelaku usaha kesulitan memasarkan produk dan jasanya sehingga kalah dalam persaingan
usaha. Berapa pelaku usaha yang berada di daerah dan belum terbiasa dengan internet
biasanya memiliki kendala untuk menerapkan digitalisasi dalam kegiatan usahanya. Salah
satunya adalah beberapa pelaku usaha di desa Sabajaya, sebuah desa yang
terletak di Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Sebagian
besar mata pencaharian penduduk Desa Sabajaya adalah petani sehingga akses dan
pengetahuan terhadap digitalisasi masih kurang. Jumlah partisipan dalam penelitian ini
adalah 2 orang pelaku usaha UMKM. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Berdasarkan analisis data yang
diperoleh didapatkan bahwa pelaku UMKM di desa Sabajaya belum menerapkan
digitalisasi pada usaha mereka dengan beberapa alasan: pertama, pekerjaan yang mereka
lakukan lebih banyak di dapat dari informasi mulut ke mulut atau ada vendor yang
melakukan kerjasama. Kedua, pelaku UMKM masih nyaman dengan metode yang
digunakan sekarang, ketiga, tidak ada yang membantu melakukan proses digitalisasi
dalam melakukan produksi dan pemasaran barang.

Published
2023-03-28