PEMBERDAYAAN MANAJEMEN PASAR TRADISIONAL MELALUI SEKOLAH PASAR (STUDI KASUS: PASAR KOWEN SIDOKARTO DAN PASAR NIRMALA BANTUL YOGYAKARTA)

  • Moh Shadam UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Pasar Tradisional, Pengelolaan Sampah, Manajemen Pemasaran, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Perkembangan pasar tradisional yang pesat menjadi penggerak roda
ekonomi Indonesia. Sayangnya, berbagai problematika sering dijumpai dalam
pasar tradisional yang membuat citranya kalah dengan pasar modern. Beberapa
permasalahan tersebut antara lain seperti tidak maksimalnya manajemen pasar
khususnya bidang pemasaran dan pengelolaan sampah. Hal itu dapat ditemukan
di Pasar Kowen Sidokarto dan Pasar Nirmala Kasihan Yogyakarta. Hadirnya Tim
Sekolah Pasar sebagai bentuk pengabdian masyarakat untuk menangani
permasalahan yang terjadi di kedua pasar tersebut. Aktivitas dilaksanakan melalui
sosialisasi pemasaran konvensional ataupun digital dan pendampingan
pengelolaan sampah secara bertahap mulai dari pra-kegiatan, kegiatan, dan
pascakegiatan. Hasilnya, para pedagang dan pengelola pasar menjadi semakin
lebih paham dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di pasar tradisional.
Selain itu, mereka juga mengaplikasikan langsung apa yang telah didapatkan
dengan baik.

Published
2023-03-27