PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PASAR BERINGHARJO BERDASARKAN METODE IPA
Abstract
Pasar Beringharjo memiliki luas lahan dasaran sebesar 2000 m2. Pasar tersebut memiliki fasilitas
cukup lengkap yang hampir selalu mengalami kenaikan pengunjung. Namun dalam survei lebih
lanjut terdapat unsur penilaian terhadap Pasar Beringharjo yang ternyata bernilai kurang
memuaskan selama dua tahun berjalan. Pada tahun 2018 dan 2019 nilai IKM diangka 2,42% dan
1,24% yang termasuk kategori tidak memuaskan. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah
perbaikan pelayanan Pasar Beringharjo untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Jenis penelitian
ini adalah kuantitatif dengan subjek dalam penelitian Pasar Beringharjo yang terletak di
Yogyakarta menggunakan perhitungan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Pasar Beringharjo yang paling kritis dan perlu
dilakukan perbaikan segera yaitu pada tingkat kebersihan pasar, penanganan keluhan yang
diajukan konsumen, dan kejelasan dan kemudahan informasi produk. Ketiga poin tersebut
didapatkan melalui diagram kartesius yang dilakukan dengan metode Importance Performance
Analysis (IPA).