ANALISIS BRAND SWITCHING DARI BEDAK TABUR MUKA SARIAYU KE BEDAK TABUR MUKA MEREK LAIN (Studi Kasus Pada Wanita di Kota Bandung)
Abstract
Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku brand switching (peralihan
merek) dari produk bedak tabur Sariayu ke produk bedak tabur muka merek lain, khusunya
pada wanita remaja dewasa di Kota Bandung. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan
menggunakan data primer sebagai bahan penelitian, yaitu menggunakan kuesioner penelitian
yang menggambarkan dan menguraikan mengenai masalah serta tujuan pada pemecahan yang
dihadapi. Dalam menganalisis data menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji
koefisien determinasi dengan bantuan SPSS. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 122.037
dengan range usia 20-24 tahun yaitu wanita remaja dewasa dengan sampel sebanyak 400 orang
responden. Secara parsial, hasil penelitian menyatakan bahwa variabel kualitas produk,
kebutuhan mencari variasi, dan citra merek memiliki pengaruh terhadap brand switching, dan
secara simultan berpengaruh secara bersama-sama terhadap variabel brand switching.