MEMANFAATKAN MEDIA VIDIO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH MENENGAH KELAS IX ( SMP PGRI PANGKALAN) DI ERA NEW NORMAL

  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Weni Tri Sasmi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Arum Puspita lestari Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Video Pembelajaran, Matematika

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran inti di sekolah, termasuk di tingkat sekolah
menengah pertama. Penggunaan materi video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa karena membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap video yang ditampilkan sehingga dapat
meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Merebaknya pandemi Covid-19 di
Indonesia memberikan dampak yang signifikan terhadap dunia pendidikan Indonesia. Kegiatan
pendidikan dilakukan secara daring dari rumah. Salah satu media pembelajaran yang menjadi
alternatif bagi para pendidik di masa pandemi Covid-19 adalah penggunaan media pembelajaran
video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa baik capaian implementasi materi
pembelajaran video di sekolah menengah pada masa pandemi Covid-19 dari sudut pandang tenaga
pendidik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan
instrumen berupa angket yang dibagikan kepada tenaga pendidik dan kajian literatur dari beberapa
sumber literatur yang valid di SMP PGRI Pangkalan Kabupaten Tegalwaru pada bulan Januari 2022.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 19
pandemi dengan penggunaan materi pembelajaran video di SMP PGRI Pangkalan sudah berjalan
dengan baik, namun ada beberapa hal yang dijadikan sebagai bahan penilaian pelaksanaan
implementasi e-learning dengan menggunakan materi video learning. Materi pembelajaran video
efektif dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 karena memudahkan pendidik dalam
menyampaikan materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran.

Published
2023-03-27