ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA TANI KOPI LOA DENGAN PENDEKATAN STRATEGI INTENSIF DI DESA LOA KECAMATAN PASEH KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan strategi bisnis Kopi Loa di desa
Loa agar lebih dikenal masyarakat luas untuk meningkatkan potensi perekonomian dan
kesejahteraan penduduk. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif
kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat
melalui wawancara dengan informan yaitu pemilik usaha dan petani, pengepul dan
konsumen Kopi Loa. Langkah pertama yang dilakukan adalah menyusun SWOT. Langkah
kedua, menghitung matriks Internal Factors Evaluation (IFE) dan External Factors
Evaluation (EFE). Hasil IFE menunjukkan skor tertinggi pada faktor internal sebesar 1.77
pada variabel variasi rasa dan aroma kopi. Faktor internal yang menjadi kelemahan yaitu
dengan skor 0.232 pada variabel promosi yang terbatas. Hasil EFE menunjukkan skor
tertinggi yang menjadi peluang pada faktor Eksternal sebesar 2,193 adalah pada variabel
dukungan pemerintah. Sedangkan faktor eksternal menunjukkan skor tertinggi faktor
ancaman dengan skor 0,165 pada variabel Covid -19. Strategi intensif disusun menjadi tiga
bagian yaitu: Pengembangan pasar, dengan cara memperluas jaringan pasar dan
memperlebar pasar ke daerah baru. Penetrasi pasar, dengan secara intens melakukan
kegiatan promosi kopi loa, dan menggunakan platform e-commerce. Pengembangan
produk, dilakukan dengan berinovasi dengan varian rasa dan aroma, menjaga kualitas
produk, dan selalu membawa ciri khas Desa Loa pada produk Kopi Loa.