ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG DENGAN AlGORITME SVM dan NAÏVE BAYES
Abstract
Salah satu tugas dunia kampus adalah untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja digunakan
oleh industry dan menciptakan pengusaha baru, tentunya Universitas Buana Perjuangan
Karawang juga harus meingkatkan lulusan secara menyeluruh, termasuk juga dalam upaya
mengetahui respon atau mendapat masukan dari masyarakat terkait dengan kehadiran UBPK.
Sehingga dalam penelitian ini dirumuskan bagaimana membuat peta analisis sentiment yang
berisikan respon/feedback/komentar masyarakat dalam media sosial terkait dengan berbagai
hal yang tentang Universitas Buana Perjuangan Karawang. Pendekatan yang dilakukan dalam
penyelesaian masalah dimulai dari pengumpulan data, preprocessing (cleansing, tokenizing,
dan case folding), dan klasifikasi. hasil yang diharapkan penelitian ini ada sebagai input
terhadap kampus untuk menjadi eksistensi khusus di kabupaten karawang. pengumpulan data
yang terkumpulkan sebanyak 309 twitt dapat dikategorikan bahwa perbincangan di media
sosial twitter tidak populer. Sehingga model yang dibangun dimaksimal seperti dengan
algoritme SVM denga akurasi training dan testing 86.66% dan 76.92% serta algoritme naïve
bayes dengan akurasi 96.66% dan 69.23%. Dapat diambil kesimpulan bahwa hasil yang
didapatkan oleh model kurang baik.