PSIKOEDUKASI MOTIVASI INTERNAL DAN EKSTERNAL PENJUALAN TERHADAP PEMILIK UMKM DI ERA NEW NORMAL

  • Randwitya Ayu Ganis Hemasti Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi secara digital menuntut pelaku usaha terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk adaptif, bukan hanya memerlukan skill saja namun pengembangan sumber daya manusia (SDM) sangat berpengaruh. Pengembangan sumber daya manusia dianggap sebagai salah satu faktor yang paling penting memainkan peran utama dalam menjaga keberlanjutan organisasi, kredibilitas serta penciptaan kepercayaan publik. Salah satu desa yang memiliki UMKM yaitu Desa Margasari yang terletak di Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang. UMKM yang berada di Desa Margasari yaitu UMKM Rengginang dan Kembang Ros Mak Iyah yang menjadi ciri makanan khas Sunda terutama di Kabupaten Karawang. Makanan Rengginang dan Kembang Ros ini diproduksi oleh salah satu warga yang berada di Desa Margasari. Dalam hal ini penulis memberikan psikoedukasi tentang bagaimana cara meningkatkan motivasi bagi pelaku UMKM yang mengalami permasalahan di era new normal. Penyajian data dalam pengabdian ini dalam bentuk uraian kata yang bersifat naratif. Kesimpulan UMKM yang berada di lokasi Desa Margasari dominan mengalami permasalahan penjualan di era new normal ini sengga motivasi untuk para pemilik UMKM sangat perlu di butuhkan untuk meningkatkan penjualan dan tetap semangat.

Published
2022-03-31