WEBINAR KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN UNTUK PARA PELAKU UMKM DI DESA KARYASARI KARAWANG

  • Lania Muharsih Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), termasuk UMKM yang ada di Desa Karyasari Karawang. Ada sebagian UMKM tutup karena sudah tidak memiliki pemasukan dan ada pula UMKM yang tetap bertahan dengan keresahan untuk mempertahankan usaha yang dijalaninya. Desa Karyasari merupakan desa yang masih berkembang baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Beberapa jenis UMKM yang ada di desa ini antara lain Kerajinan Bambu, Bolu Barokah, dan Aneka Keripik yang mampu meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat Desa Karyasari. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para pelaku UMKM Desa Karyasari mengenai keputusan pembelian konsumen untuk mengembangkan UMKM Desa Karyasari menjadi lebih baik di berbagai aspek, salah satunya dilihat dari aspek konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk UMKM tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui kegiatan web seminar atau lebih dikenal dengan webinar. Secara umum disimpulkan bahwa kegiatan webinar dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal” yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2021 melalui zoom meeting serta dihadiri oleh 5 UMKM Desa Karyasari, perwakilan pihak Desa Karyasari, dan mahasiswa KKN dapat dipandang efektif dalam menambah pengetahuan dan pemahaman peserta. Adapun saran yang dapat diberikan kepada para pelaku UMKM Desa Karyasari guna untuk pengembangan usahanya di antaranya yaitu perlu mengikuti kegiatan pelatihan lainnya, lebih aktif dalam mempromosikan produknya melalui media sosial, dan perlu berupaya untuk terus berinovasi dalam pengembangan usaha dan produknya.

Published
2022-03-31