PEMBERDAYAAN POTENSI DAN KREATIVITAS MASYARAKAT DESA SEDARI DALAM MEMBANGUN EKONOMI DI ERA NEW NORMAL

  • Abdul Kholiq Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Desa Sedari merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang. Desa Sedari berbatasan dengan laut Jawa, secara geografis wilayah desa ini terletak di bagian utara dengan jarak kurang lebih 51 km dari pusat kota Karawang. Desa Sedari memiliki banyak potensi alam akan tetapi memiliki nilai jual yang rendah serta permasalahan dalam pengolahan sumber daya alam. Desa Sedari terdapat banyak sekali UMKM diantaranya produk Terasi udang hanya saja produk yang dihasilkan hanya dijual dan di pasarkan di sekitaran pantai Desa Sedari, salah satunya adalah penjualan terasi khas Desa Sedari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi UMKM dalam meningkatkan daya saing UMKM, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam meningkatkan daya saing UMKM dilihat dari segi produktifitas : penggunaan alat produksi yang sederhana serta pendidikan SDM pelaku UKM masih rendah namun tetap menghasilkan produk yang berkualitas. Segi kualitas produk sudah bagus namun perlu peningkatan. Segi nilai : Harga Produk UKM yang dihasilkan mampu diterima oleh masyarakat, kemudahan dalam pembelian. Segi penetapan posisi : UMKM melakukan promosi melalui media internet. Segi penciptaan brand : sebagian besar produk UMKM belum mempunyai hakpaten, daya saing produk UMKM. Kelompok kami menggunakan strategi intensif yang dilakukan melalui pengembangan pasar.

Published
2022-03-31