PENGEMBANGAN UMKM MELALUI MANAJEMEN USAHA BERBASIS DIGITAL MARKETING

(STUDI KASUS : DESA PULOKALAPA KEC. LEMAH ABANG)

  • Baenil Huda Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dengan adanya pengelolaan UMKM yang baik, maka diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi Desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu meningkatkan kesejateraan masyarakat di Desa Pulokalapa. Melihat Kondisi saat ini dengan membuat minuman instan jahe merah dapat membantu masyarakat dalam hal kesehatan tubuh. Dengan adanya UMKM ini dapat membuka peluang bagi masyarakat Desa Pulokalapa untuk membantu perekonomian yang sedang menurun akibat pandemi ini. Permasalahan Jauhnya supplier jahe karena di Desa Pulokalapa tidak ada lahan perkebunan jahe. Melihat kondisi iklim di desa pulokalapa cocok untuk pertumbuhan jahe merah. serta mahalnya harga bahan baku jahe merah yang di Karawang. Solusi nya dengan Mencari supplier yang lebih dekat dengan harga terjangkau. Petani yang di Desa Pulokalapa sebaiknya lebih memahami cara tentang budidaya jahe merah. Selanjutnya Dalam aplikasi manajemen usaha tersebut, dikembangkan kriteria pengukuran kinerja yang dapat diadopsi dan diaplikasikan secara praktis. Pelaku UMKM juga harus mampu melakukan analisis SWOT atas usahanya sehingga mampu menilai keadaan sekarang, baik terhadap pesaing, maupun perkembangan usaha dan evaluasi usahanya.

Published
2022-03-31