PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN MARKETPLACE SEBAGAI UPAYA PEMASARAN E-MARKETING UMKM “KARPET KESET” PASCA PANDEMIK COVID-19
Abstract
Covid-19 yang melanda Indonesia dalam beberapa tahun terakhir membuat dampak pada perlambatan ekonomi. UMKM di Indonesia terkena dampak yang paling signifikan. Dalam pandemi ini diikuti dengan adanya Pembatasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat permintaan konsumen UMKM menurun dan terhambatnya pengiriman. Karpet keset merupakan salah satu UMKM yang berada di Desa Kamurang, Tirtamulya yang terkena dampak dari PPKM. Pelatihan merupakan solusi dari permasalahan yang ada pada UMKM ini, terlebih pelatihan yang dilakukan yaitu pemanfaatan media sosial dan marketplace. Indikator keberhasilan dari pelatihan ini adalah pelaku UMKM mampu mengunakan media sosial dan marketplace sebagai upaya promosi pasca pandemi. Pelatihan ini menggunakan pre-test dan post-test. Selain itu, pelatihan ini juga menggunakan teknik berpromosi melalui media sosial dan marketplace juga akan dilakukan agar pengetahuan pelaku UMKM semakin bertambah. Dari hasil pengumpulan data melalui dua cara yaitu Penelitian Pustaka dan Penelitian Lapangan penulis menemukan bahwa media sosial yang paling sering digunakan adalah facebook, instagram, dan twitter. Dengan hadirnya media sosial diharapkan para pelaku UMKM dapat terus berkembang dan bersaing secara sehat untuk menjalankan bisnisnya.