MENGENALKAN POTENSI DESA MELALUI APLIKASI TIKTOK DI DESA KARYAMAKMUR KECAMATAN BATUJAYA KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Setiap desa memiliki potensi masing-masing untuk dapat digali dan menjadi sumber pendapatan desa serta untuk mensejahterakan masyarakat desa. Potensi yang dimiliki oleh setiap desa memang perlu digali dengan sebaik mungkin dan memiliki manajemen promosi yang baik agar segala potensi yang dimiliki desa mampu dikenal masyarakat luas dan menarik para pengunjung untuk datang menikmati potensi desa yangdimiliki. Metode pengabdian ini menggunakkan metode deskriptif. Pada 2018, TikTok menjadi aplikasi ketujuh yang paling banyak diunduh di seluruh dunia. Popularitas TikTok ini bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan daerah-daerah yang belum terjamah oleh media kepada khalayak luas. Potensi desa dapat didokumentasikan kemudian diposting melalui media sosial. Begitu juga dengan desa Karyamakmur. Penulis sudah membuat akun TikTok yang nantinya dapat digunakan sebagai platform desa dalam meningkatkan potensi dan pengembangan disegala sektor. Kesimpulan dari pengabdian ini yaitu Indonesia menempati posisi keempat sebagai pengguna media sosial terbanyak dengan jumlah 63 juta pengguna. Dari data tersebut sangat besar peluang untuk mempromosikan potensi yang dimiliki desa, sehingga potensi desa akan terlihat meningkat dan berkembang dengan baik.