PEMBINAAN SECARA ONLINE PEMASARAN DIGITAL PADA OBJEK WISATA GOA DAYEUH BERSAMA BUMDES TAMANSARI
Abstract
Pengabdian ini dilaksanakan secara online melalui berbagai macam media dikarenakan pada saat pengabdian sedang berlangsung PPKM. Tujuan pengabdian ini adalah utnuk menganalisa dan menetapkan bagaimana memasarkan objek wisata Goa Dayeuh di desa Tamansari secara pemasaran digital. Pada era saat ini kecanggihan teknologi digital semakin berkembang sehingga pemasaran secara digital menjadi salah satu cara yang ampuh dalam memasarkan sebuah produk. Metode yang dilaksanakan dalam pengabdian secara online melalui wawancara, dengan pihak BUMDES Tamansari. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa pemasaran Goa Dayeuh masih mengalami kesulitan, bukan hanya karena masa pandemi namun memang karena masih kurangnya modal, sumber daya manusia, dan metode pemasaran yang belum tepat. Dan pemasaran secara digital dapat diterapkan pada masa pandemi serta pada era digital ini selain karena kemudahan namun juga karena dukungan teknologi yang terus meningkat. Pentingnya pemasaran yang tepat tentunya akan berpengaruh pada pendapatan objek wisata Goa Dayeuh Tamansari.