STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PELAKU UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA MEKARJAYA KABUPATEN KARAWANG

  • Nana Rahdiana Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pandemi Covid-19 yang hingga kini tidak kunjung berakhir di Tanah Air, bisa dipastikan akan menambah dampak buruk perekonomian nasional, termasuk pelaku ekonomi. Dalam hal ini adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berpotensi mengalami krisis ekonomi. Menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19, otomatis akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM. Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM di masa pandemi perlu menjadi perhatian banyak pihak terutama pemerintah, swasta, dan akademisi sebagai upaya untuk membangun optimisme dan pendorong pemberdayaan UMKM melewati masa-masa sulitnya. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini penulis (tim PKM) berusaha untuk menjelaskan strategi pemberdayaan dan pengembangan UMKM pada masa pandemi Covid-19, guna membangun kekuatan ekonomi nasional di masa depan. Program digitalisasi atau pemanfaatan pasar digital menjadi pilihan tepat sebagai strategi pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM pada masa pandemi Covid-19 sehingga dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luar. Untuk tahap awal UMKM ibu Erin telah memanfaatkan media sosial facebook dan instagram, serta pasar digital seperti shopee.

Published
2022-03-31