SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI ERA NEW NORMAL UNTUK UMKM
Abstract
KKN yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pada pelaku UMKM melalui kegiatan sosialisasi digital marketing di tengah pandemi Covid-19 di Desa Karyabhakti Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. KKN ini menggunakan metode penjelasan, diskusi dan praktik. Metode penjelasan dilakukan dengan menyampaikan materi terkait digital marketing secara langsung kepada pelaku UMKM. Metode diskusi, interaksi antara dua orang atau lebih yang membahas ilmu pengetahuan dasar. Metode ini untuk memfasilitasi pelaku UMKM yang ingin menanyakan materi yang belum dipahami. Pada metode praktik pelaksanaannya dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki, yaitu mempraktikkan cara penggunanaan media daring sebagai sarana pemasaran produk. Hasil KKN ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM melalui digital marketing di tengah pandemi Covid-19 dititik beratkan pada 5 hal, yaitu identifikasi masalah, pentingnya branding, katalog dan iklan yang menarik.