PENINGKATAN EKONOMI DAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT DESA TANJUNG PAKIS DALAM MEMAJUKAN UMKM DI MASA PANDEMI

  • Robby Fauji Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Program KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan tema Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan di Era New Normal adalah merupakan bentuk penegasan loyalitas dan solidaritas Universitas Buana Perjuangan Karawang untuk mewujudkan Visi dan Misinya. Fenomena pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia tidak hanya menyebabkan penyerang kesehatan namun juga menyerang sisi perekonomian negara. UMKM sebagai sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah mengalami dampak terparah yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Sehingga, penelitian ini ditujukan untuk melihat sejauh mana perkembangan pandemi Covid-19 serta bagaimana peningkatan ekonomi dan produktifitas masyarakat desa Tanjungpakis dalam memajukan UMKM dimasa Pandemic. Mengingat bahwa UMKM merupakan penopang perekonomian Indonesia lebih dari 90 persen. Desa Tanjung pakis merupakan salah satu daerah pariwisata laut di Kabupaten Karawang. Penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan gambaran solusi strategi e- marketing sebagai solusi jangka pendek dan jangka panjang bagi UMKM desa Tanjungpakis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik studi literatur dengan hasil bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap penurunan pertumbuhan perekonomian di Indonesia (minus) termasuk pendapatan ekonomi desa Tanjungpakis kecamatan Pakisjaya. Banyak pelaku UMKM yang harus menghentikan usahanya karena berbagai permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Namun, pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menstimulus UMKM agar dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Berbagai strategi dilakukan salah satunya yaitu strategi e-marketing melalui sosial media dan e- commerce. Strategi e-marketing dinilai dapat membantu UMKM dalam kegiatan pemasaran dan memperluas pasar di tengah pandemi Covid-19.

Published
2022-03-31