PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DI DESA SEKARWANGI KABUPATEN KARAWANG DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan kepada pelaku usaha UMKM, kondisi tersebut berdampak juga kepada pelaku UMKM di Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang. Kurangnya mobilitas massa berpengaruh kepada tingkat penjualan. Untuk mengatasi hal tersebut, pemasaran secara online melalui media digital merupakan langkah tepat yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM, media ini dapat menjangkau sasaran secara luas bahkan secara personal. Kondisi ini menjadi salah satu alasan untuk membantu UMKM dengan melakukan bantuan berupa pendampingan dalam pemanfaatan penggunaan media digital. Beberapa pelaku UMKM di desa Sekarwangi Kabupaten Karawang telah mengenal Media Digital atau Media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Twitter, GoJek, dan Grab, tetapi belum bisa menafaatkan media tersebut sebagai sarana pengembangan usahanya.