PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK BISNIS SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING

  • N. Neni Triana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Muhamad Sayuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Annisa Indah Pratiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Akda Zahrotul Wathoni Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Media sosial saat ini merupakan sarana informasi bagi sebagian besar orang di dunia termasuk Indonesia, data pengguna media sosial di Indonesia pada bulan Januari 2021 menurut We are social mencapai 170 ribu orang dengan rata-rata penggunaan waktu untuk media sosial selama 2 jam 25 menit. Hal ini menjadi latar belakang bahwa media sosial dapat dijadikan media dalam promosi dan pemasaran. Pandemic Covid-19 selain memberikan dampak negative terhadap penurunan penjualan UMKM tetapi juga membuka wawasan baru betapa pentingnya memanfaatkan media sosial dengan teknologi yang ada saat ini. Permasalahan yang terjadi adalah terdapat banyak UMKM yang belum bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, Instagram dan twitter. Hal inilah yang mendasari pengabdian kepada masyarakat yaitu untuk membuat pelatihan tentang bagaimana memanfaatkan media sosial Facebook bisnis sehingga UMKM dapat memasarkan produknya lewat media sosial. Tutorial penggunaan facebook bisnis menjadi alat agar para pelaku UMKM dapat mempraktikannya dengan mudah.

Published
2022-03-31