PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK UMKM SUSU KEDELAI MAVIES

  • Nurlita Sukma Insani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Di dalam suatu negara perekonomian bergantung pada usaha yang dilakukan oleh masyarakatnya. Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan sektor usaha yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. UKM (Usaha Kecil dan Menengah) atau ada pula yang menyebutnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah aktivitas usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan. Salah satu bidang UMKM yang banyak ditemui di Indonesia adalah UMKM pada bidang minuman. Produk UMKM minuman ini salah satunya adalah susu yang berbahan dasar kedelai atau biasa dikenal dengan “Sule Mavies” yaitu Susu Kedelai Mama Viesca. Sule Mavies ini merupakan produk minuman yang beralamatkan di PERUM PMI 2 Blok BB 5 No. 25 Desa Pangulah Utara, Kecamatan Kotabaru. UMKM ini memproduksi susu kedelai semenjak tahun 2009 yang artinya sudah 12 tahun berdiri. Namun UMKM ini masih menghadapi kendala internal maupun eksternal dalam proses pengembangan usahanya. Saat ini masih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM yang belum menggunakan prinsip digitalisasi sehingga sulit untuk bersaing dengan industri yang lebih besar. Dalam produk Sule Mavies ini perlu dilakukan pembaruan pada kemasan dan pemberian logo yang menarik pada produknya agar mempunyai daya jual yang tinggi. Pada strategi pemasaran Sule Mavies ini juga perlu menggunakan media sosial agar penjualannya luas dan produknya dapat dikenal oleh banyak orang.

Published
2022-03-31