PENINGKATAN KAPASITAS UMKM DESA TEGALSAWAH DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PEMBERDAYAAN TEKNOLOGI UNTUK DIGITAL MARKETING DI TENGAH PANDEMI COVID-19.
Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. UMKM sebagai salah satu perwujudan erat kaitannya dalam perekonomian rakyat yang perlu untuk dikembangkan, karena sektor ini mampu menyediakan peluang kerja yang bisa menyerap tenaga kerja cukup tinggi khususnya di wilayah Desa Tegalsawah Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat, sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup masyarakat. Realitanya, UMKM desa masih menghadapi kesulitan, terutama dalam kondisi pandemic Covid-19. Penduduk dengan keterbatasan pengetahuan, hidup dalam kegiatan usaha kecil di sektor tradisional, infrastruktur dan akses pemerintahan yang terbatas menjadi salah satu faktor penghambat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut maka perlu untuk dilakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat desa dan UMKM agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pemasaran secara digital. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut kemudian dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilaksanakan oleh Mahasiswa UBP Karawang dan didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Strategi Pemasaran dan promosi yang dilakukan adalah melalui media offline seperti pencantuman pada produk, label, maupun melalui media online melalui facebook, instagram, Whatsapp. penyediaan petunjuk lokasi untuk mempermudah konsumen mengakses lokasi UMKM tersebut.