USULAN PENGGUNAAN DIGITAL MARKETING DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UMKM DESA DARAWOLONG

  • Fitri Sulastri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Amelia Nur Fariza Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Weni Tri Sasmi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kuliah Kerja Nyata Universitas Buana Perjuangan tahun 2021 telah

dilaksanakan dengan tema yaitu “SINERGI MEMBANGKITKAN EKONOMI KERAKYATAN DI ERA NEW NORMAL” dimana pelaksanaan KKN tahun ini dilaksanakan secara online di tengah Pandemi Covid 19. Salah satu lokasi pelaksanaan KKN UBP tahun 2021 adalah di Desa Darawolong, Kecamatan Purwasari yang sebagian besar wilayah desa merupakan lahan tanah sawah seluas 508 hektar, sehingga usaha pertanian menjadi sumber mata pencaharian terbesar kedua setelah karyawan swasta/perusahaan. Jenis pertanian yang di kelola oleh masyarakat Desa Darawolong beragam, selain mengolah padi masyarakat Desa Darawolong ada juga yang bercocok tanam sayuran terong, brokoli, mentimun, kangkung dan kacang panjang. Adapun jenis pertanian yang dikaji dalam artikel ini dan memiliki potensi untuk dikembangkan adalah pembibitan brokoli yang sudah berjalan sejak tahun 2015. UMKM pembibitan sayuran Brokoli di Desa Darawolong mempunyai potensi yang baik untuk dikembangkan karena sayuran merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun, sejak adanya pandemi Covid 19 para pelaku UMKM di Desa Darawolong mengalami kendala dalam hal pemasaran karena mereka masih mengandalkan cara konvensional dalam memasarkan produknya. Saran bagi masyarakat Desa Darawolong terutama yang menggeluti bidang usaha pembibitan Sayuran Brokoli agar mulai memasarkan sayuran yang mereka hasilkan melalui media digital dan media sosial.

Published
2022-03-31