PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN

  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode struktural analitik sintetik (SAS) terhadap keterampilan menulis permulaan pada guru-guru kelas II SDIT Cendekia Purwakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II SDIT Cendekia yang berjumlah 6 guru. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan metode struktural analitik sintetik (SAS). Kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ditujukan agar dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki keterampilan bermasyarakat. Dari hasil evaluasi diperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah menambah pengetahuan guru mengenai metode SAS, dapat mempraktikkan penggunaan metode SAS pada pembelajaran di sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara lingkungan akademik dengan masyarakat desa, mengenalkan dan mempraktikan penggunaan metode SAS terhadap keterampilan menulis permulaan siswa sekolah dasar. Selain itu, pengabdian ini merupakan wahana bagi Program Studi PGSD untuk mengabdikan keilmuannya kepada lingkungan dan masyarakat sekitar.

Published
2022-03-31