KONSELING PADA GURU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) “AMANDA”

  • Nur Ainy sadijah Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Bimbingan merupakan bantuan kepada individu dalam menghadapi persoalan-

persoalan yang dapat timbul dalam hidupnya. Bantuan semacam itu sangat tepat jika diberikan guru anak berkebutuhan khusus , supaya setiap guru ABK lebih berkembang secara psikologis

ke arah mental dan emosi yang sehat dan optimal. Dengan demikian bimbingan menjadi bidang layanan khusus dalam keseluruhan kegiatan pembelajaran yang ditangani oleh tenaga-tenaga ahli dalam bidang tersebut. Kondisi mental dan emosi serasi ini perlu di bangun terus agar guru anak berkebuthan khusus mampu menjaga keseimbangan emosi. Perlunya pedekatan konseling sebagai upaya menjaga kestabilan emosi dan mental guru ABK setiap saat. Tidak bisa dipungkiri bahwa buru ABK juga tentunya memiliki permasalahan pribadi yang tidk bisa dihindarkan. Namun bagaimana menjaga emosi agar tidak ber dampak pada keberlangsungan pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Konsep bimbingan konseling bagi guru ABK untuk memberikan layanan bimbingan individual agar meningkatkan ketrampilan diri supaya bisa menjalankan aktifitas dengan anak berkebutuhan khusus secara optimal. Pada pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di salah satu Rumah Anak Berkebutuhan Khsusus AMANDA yang ada di Karawang dengan melibatkan personil Guru atau terapis Anak Berkebutuhan

Khusus.

Published
2022-03-31